Thursday, 4 December 2014

Jenis-Jenis Shampoo





Jangan  menggunakan berbagai jenis syampoo sembarangan, atau sering bertukar-ganti jenis syampoo. Fungsi syampoo tidak hanya sekadar membersihkan rambut kita dari kotoran, tapi juga merawat dan menimbulkan efek tertentu pada rambut setelah kering. Jika tidak sesuai dengan jenis rambut kita, akan menimbulkan rasa gatal, kelumumur, rambut kering, dan juga iritasi.

Berbagai jenis syampoo diciptakan untuk berbagai jenis rambut. oleh itu, kita harus cermat memilih syampoo yang sesuai dengan rambut kita. Misalnya, jika memiliki jenis rambut berminyak, jangan gunakan syampoo atau kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut kering. Syampoo untuk rambut kering pasti mengandungi lebih banyak pelembap dan kandungan minyak. Jika kandungan tersebut dipakaikan pada rambut berminyak, rambut akan semakin lepek dan lebih senang berminyak. Akibatnya, kelumumur lebih mudah timbul dan rambut mudah kotor.

Banyak syampoo yang memiliki kandungan tertentu dengan berbagai manfaat, diantaranyaclarifying shampoo untuk mengurangi lepek pada rambut, nourishing shampoo yang berfungsi menutrisi rambut kering dan rosak atau syampoo yang diciptakan khusus untuk perawatan rambut yang telah dikeriting, diluruskan atau diwarnai.

Cermat memilih syampoo dapat menghindarkan rambut kita dari berbagai masalah. Cara mendapatkan syampoo yang tepat adalah, pertama kita harus mengetahui jenis rambut. Apakah berminyak, normal atau kering. Jenis rambut berminyak biasanya terlihat lepek dan kusam, cepat berminyak meskipun baru dibasuh, debu mudah menempel dan perlu lebih sering dibasuh.

Sedangkan jenis rambut kering ditandai dengan rambut bercabang di ujung, mudah putus, terasa kasar bila disentuh dan sukar untuk disikat. Sementara untuk kulit normal, tidak terlalu banyak masalah kerana memiliki kelembapan yang cukup. Tidak terlalu berminyak, juga tidak terlalu kering. Namun perlu diperhatikan juga dalam memilih syampo dan kondisioner. Gunakan syampoo untuk rambut normal untuk mencegah kerosakan rambut.

Jika Rambut Anda Berminyak:
Pilih syampoo yang dibuat khusus untuk rambut berminyak. Formulanya harus mampu membersihkan minyak dan lemak pada kulit kepala, tapi juga harus sesuai untuk penggunaan sehari-hari. Produk tidak harus yang berformula terlalu kuat, kerana bahan kimia yang terlalu kuat dapat mengambil kandungan minyak yang terdapat di kulit kepala, sehingga kelenjar minyak pada kulit kepala akan mengeluarkan lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan, yang akibatnya rambut akan semakin berminyak.
Untuk penggunaan kondisioner, pilih yang sedikit mengandung minyak untuk mencegah kelebihan minyak dan agar rambut tidak terlalu lembap. Jenis Clarifying Shampoomerupakan pilihan yang paling tepat untuk Si Rambut Berminyak, karena secara efektif mengurangi kandungan minyak dan lemak, sehingga rambut tidak lepek dan terasa lebih ringan. Syampo dengan ekstrak mint atau lemon merupakan pilihan ideal untuk rambut berminyak. Bersihkan rambut minimal tiga kali seminggu.

Untuk Rambut Kering:
Rambut kering cenderung bercabang dan mudah patah. Pilih syampoo khusus rambut kering yang mengandungi lebih banyak pelembap dan nutrisi. Formulanya juga harus lembut dan mengandungi bahan-bahan yang mengandungi  minyak almond, madu, chamomile, atau minyak zaitun. Kondisioner pelembap sangat diwajibkan untuk rambut kering. Tekstur kondisioner yang lebih pekat merupakan pilihan sempurna untuk rambut kering dan rosak, untuk perawatan harian yang lebih intensif.

Rambut Diwarnai, Diluruskan/Dikeriting:
Jika rambut telah mengalami pewarnaan, pelurusan atau pengeritingan, anda harus lebih hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Produk seharusnya dapat mempertahankan warna pewarna rambut dan memperbaiki kerosakan rambut yang terjadi selama proses pewarnaan. sebanyak mana pewarna rambut yang anda gunakan, produk tersebut tetap mengandung bahan kimia yang keras.
Gunakan syampoo yang dibuat khusus untuk rambut diwarnai/dikeriting/diluruskan dengan UV filter untuk mencegah warna rambut dari pudar. Syampoo harus lebih banyak mengandungi berbagai nutrisi untuk memperbaiki kerosakan yang disebabkan bahan kimia dari pewarna rambut atau produk pelurus/pengeriting rambut. Lengkapi juga perawatan dengan kondisioner dan masker rambut.

Rambut yang  Mudah berkelumumur:
Jika rambut anda mudah berkelumumur, anda harus memilih syampo dan kondisioner atau serum anti kelumumur. Syampoo jenis ini mampu membersihkan kulit kepala secara efektif dan menghilangkan kelumumur selama beberapa hari. Beberapa jenis syampo anti ketombe menawarkan bahan khusus seperti ketoconazole yang berfungsi mencegah penyebab kelumumur dan menormalkan kadar pH kulit.

No comments: